Kamis, 07 Desember 2017

Diterima Internship di PwC

Post pertama di blog ini bagusnya diisi dengan sesuatu yang berfaedah dan dapat menjawab beberapa pertanyaan “bagaimana cara bisa keterima intern di KAP 3 Huruf”. Perkenalkan, gw mahasiswi Akuntansi FEB UGM angkatan 2014 yang berasal dari Tangerang ^_^

Sekitar tgl 25 September 2017 itu gw menerima email dari HC (Human Capital) KAP 3 Huruf yang intinya berisi bahwa lamaran magang anda telah kami terima, silahkan lengkapi beberapa persyaratan yg terlampir dibawah. Gw bingung kan ya, perasaan gak pernah apply apapun ke KAP 3 Huruf. Terus Tanya ke beberapa temen, ternyata ada yang dapat email serupa ada yang enggak. Oiya deadline kita merespon email tsb itu 29 September 2017.

Singkat cerita, setelah berpikir cukup panjang dan matang akhirnya di tgl 29 September abis isya gw buru2 bikin letter of motivation dan “mempercantik” CV. Sekitar jam 9 malam gw bales email tsb. Oiya, jadi pas bales email tuh kita diminta mengurutkan preferensi divisi kita. Yaudah, gw pilih (1) CIPS, (2) RA, (3) FS, dan (4) EUM.

Letter of Motivation
Gw bikin LoM dalam bahasa inggris (disuruh sama KAP 3 Huruf juga) min 500 kata. Isi LoM gw ya sesuai dengan apa yg disuruh oleh KAP 3 Huruf nya, misal ttg diri kita, rencana kita di KAP 3 Huruf 5 tahun mendatang, terus alasan kita magang disini apa. Oiya LoM gw jumlahnya 538 kata. Dalam menulis LoM ini gw berpanduan pada 5 video di youtube. Thanks a lot youtube J

CV
Gw bikin CV dalam bahasa inggris dan Cuma 2 lembar. Format CV gw juga simple banget, gak ada warnanya atau hiasan apapun… ya seperti ini:



Nah sedikit tips bagi kalian pembuat CV, sebaiknya di bagian job experience dan organizational experience tuh gak cuma ditulis kamu menjabat apa, dimana, kapan. Akan tetapi, juga dicantumkan role and achievement kamu bagaimana (singkat, padat, dan jelas). Terus juga CV nya jangan lebih dari 2 lembar, karena kalau banyak2 takut gak kebaca. Dan satu lagi, pasang foto terbaru yg berpenampilan formal dan rapi di CV kita. Tempel foto di CV itu penting, apalagi kalau kita ngelamar di perusahaan di Indonesia (kata bbrp narasumber training menghadapi dunia kerja yg pernah gw ikuti).

Pada 25 Oktober 2017, gw disms sama org KAP 3 Huruf untuk janjian kapan gw bisa diwawancara via phone call. Tgl 29 Oktober 2017 gw ditelepon sama org PwC sekitar pukul 14.30 selama <10 menit. Waktu itu gw diwawancara oleh usernya. Oiya ternyata setelah gw nanya ke bbrp temen dan kating, hal-hal yang ditanyakan pada saat phone call interview itu beda-beda, tergantung interviewernya. Ada yg ditanyanya “bener”, ada yg “aneh”, ada yg pake b.indo, ada yg pake b.ingg, ada yg lama, ada yg sebentar. Nah waktu itu Alhamdulillah dpt interviewer yg pake b.indo, cuma sebentar, dan ditanyanya yg “aneh2”, but its fun.

Diakhir sesi wawancara via phone itu, interviewer nanya kan “apakah ada yg mau ditanyakan?”. Nah gw basa-basi aja nanya pengumumannya kapan dan via apa. Terus kata interviewer pengumumannya oleh HC, bisa via email / telepon / sms dan butuh waktu sekitar 2 minggu. Nah terus sekitar pukul 17.30 gw terima email dari KAP 3 Huruf bahwa gw diterima magang Januari sampai April. Percaya gak percaya sih, tapi setelah dilihat2 lagi ini email resmi beneran. Jadi, gw percaya. Gw magang di divisi EUM dari 4 Januari sampai 4 April 2018 (peak season guys). Dan ternyata, temen2 gw hampir semua diterima di EUM. Believe it or not, kata kating2 gw tuh ternyata di EUM itu banyak banget anak UGM nya. Jadi kayanya sih emang anak UGM mayoritas ditaruh di EUM.

Sekarang, gw lagi sibuk prepare ootd untuk ngantor (haha) + nyari kosan juga yg deket kantor. Insya Allah di postingan selanjutnya gw bakal share info bbrp kosan yg gw dapet ya ^_^

Good luck buat para peminat internship di KAP 3 Huruf
Semoga membantu kalian dalam mempersiapkan lamaran intern di KAP 3 Huruf.

67 komentar:

  1. Makasih infonya ka, doain aku keterima magang juga di KAP 3 huruf yaa hehehe

    BalasHapus
  2. Halo kak mau tanya kalo magang di kap 3 huruf, itu nnti kita di test akuntansi gtu? klo boleh tau dlu kakak interviewnya ditnyain hal2 seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo... dulu sih aku krn daftar internship nya lewat pengumuman kampus, jadinya gak ada tes tulis gitu. cuma berkas2 + interview by phone call. wkt interview tuh ternyata aku dpt interviewer yg gak bisa ketebak bgt. awalnya bakalan ditanyain yg serius gitu (tentang akuntansi / audit / tax / apalah itu). tapi ternyata lebih ke ngobrol santai "mau atau enggak, siap atau enggak". gitu sihhh hehe

      Hapus
  3. Halo ka, cara yang bagian organization experience maksud dr cantumin achievement gimana ya? Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo...
      kalau menurutku misal kita pernah jd bendahara di organisasi X. nah di CV nya itu ditulis aja role kita ketika jd bendahara apa aja, misal membuat laporan kas (penerimaan dan pengeluaran) tiap bulan, membuat budget per 6 bulan, dll. nah di achievement nya itu bisa ditulis misal dapat membuat laporan kas tepat waktu tiap bulan (H+3 after closing), membuat laporan budget tepat waktu dan hampir 100% akurat dgn actual nya, dll.

      dengan begitu, recruiter bisa tau skill kita gimana ketika kita punya role ABCD tsb

      Hapus
  4. halo kak terimakasi untuk sharingnya.
    kalo berkenan apa boleh liat motivation letter nya sbgai referensi. kalo boleh bisa dikirim ke mg7423774@gmail.com
    terimakasi kak. God bless

    BalasHapus
  5. Terimakasih sharingnya kakk sgt bermanfaat. Kak maaf apaboleh saya lihat motivation letter nya kak? Kalo kakak berkenan bisa kirim ke yuniararief2@gmail.com ya kak. Terimakasih kak

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Hallo kak, terima kasih sebelumnya atas sharing pengalamannya sangat bermanfaat kak, apakah saya boleh lihat application dan letter of motivation kaka untuk bisa dijadikan referensi dan bayangan dalam penulisan

    Jika berkenan, bisa dikirim ke email saya di konbini.sweet@gmail.com

    terima kasih banyak kak

    BalasHapus
  10. Halo kak, terima kasih banyak atas sharing pengalamannya yang sangat bermanfaat. Apakah saya boleh lihat contoh motivation letter dan application letter punya kakak sebagai bahan refrensi untuk apply? Jika berkenan bisa dikirim ke email saya tkarindra@gmail.com

    Terima kasih kak sebelumnya, sukses terus untuk kakak☺๐Ÿ™

    BalasHapus
  11. Hi kak Winda, Aku Risna Final Year Student. boleh bantu aku menyusun motivation letter. Dan boleh liat contoh LoM kakak seperti apa? Aku tertarik banget buat internship di PWC periode June-Sept 2021. Mohoh banget bantuannya kak. Email ku : risnasari249@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga boleh liat ga kak?
      Terima kasih kak sebelumnya๐Ÿ™๐Ÿป
      Email : tumangkengmarthawulan@gmail.com

      Hapus
    2. Kakk kalo kakak berkenan, boleh saya lihat juga untuk referensi? Terimakasih sebelumnya kakk. e-mail: farah.ptr09@gmail.com

      Hapus
  12. Hi kak,terimakasih banyak atas pengalamannya. apakah saya boleh lihat motivation letter dan application letter punya kakak ga sebagai bahan referensi saya. Mohon bantuannya kak.

    jika berkenan bisa kirim ke email saya kak nadaku.nk@gmail.com
    terimakasih banyak sebelumnya kak

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Hallo kak, terima kasih sebelumnya atas sharing pengalamannya sangat bermanfaat kak, apakah saya boleh lihat application dan letter of motivation kakak untuk bisa dijadikan referensi dan bayangan dalam penulisan

    Jika berkenan, bisa dikirim ke email saya di gabrela.stepani@gmail.com

    Terima kasih banyak kak, sukses terus yah๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  15. Halo kak, terimakasih atas informasi dan sharing nya, kebetulan saat ini saya sedang mencari tempat magang juga dan saya tertarik untuk di KAP ini, apakah saya boleh melihat letter of motivation dan application kakak? jika diperbolehkan berikut email saya jitashofi@gmail.com, terimakasih banyak sebelumnya kak

    BalasHapus
  16. Halo kakkk, saat ini aku lagi nyari tempat magang boleh tanya tanya beberapa hal gak?? Oh ya kalo berkenan boleh liat motivation letternya?? Kalo gak sibut boleh dikirim ke 01lifejourney@gmail.com ya kak makasih:)) sehat selalu kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo kaa, maaf menganggu jika kaka berkenan apakah saya juga bolee izin liat aplication dan motivation letternya juga? untuk referensi magang saya juga kaa. kalau bolee, bisa di kirim melalui email ridhya.zs14@gmail.com terima kasih kaa, mohon bantuannya :)

      Hapus
  17. Hi kak, Saya Ratna Final Year Student. Apakah boleh saya boleh liat contoh LoM kakak seperti apa? Saya tertarik banget buat internship di PWC periode June-Sept 2021. Mohoh bantuannya kak. Email ku : ratnasri17@gmail.com

    BalasHapus
  18. Hi kak, Saya Ratna Final Year Student. Apakah boleh saya boleh liat contoh LoM kakak seperti apa? Saya tertarik banget buat internship di PWC periode June-Sept 2021. Mohoh bantuannya kak. Email ku : ratnasri17@gmail.com

    BalasHapus
  19. Hallo kak, terima kasih sebelumnya atas sharing pengalamannya sangat bermanfaat kak, apakah saya boleh lihat motivation letter dan cv kakak untuk bisa dijadikan referensi dan bayangan dalam penulisan

    Jika berkenan, bisa dikirim ke email saya di yolatrierandaa@gmail.com

    Terima kasih banyak kak, sukses terus yah๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Hallo Kak Winda, terima kasih banyak untuk tulisannya yang super bermanfaat. Saya fresh graduate dan sangat tertarik untuk internship di PwC. Boleh kah saya lihat contoh Motivational Letter dan Application Letter?

    Kalau tidak keberatan, boleh tolong untuk dikirim kesini ya kak
    xaviera.sav@

    Terima kasih kak, semoga ilmu nya selalu bermanfaat bagi banyak orang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ralat, email saya: xaviera.sav@gmail.com

      Terima kasih

      Hapus
  22. hallo kak winda, terima kasih atas cerita pengalamannya. Kebetulan saya tertarik untuk coba intern di pwc, kira-kira boleh ga ya saya lihat motivation letternya? kalau tidak keberatan boleh tolong dikirim ke email saya kak nurulfaazh@gmail.com

    Terima kasih kak:)

    BalasHapus
  23. Haloo Mbak winda..... Makasih banyak yaa.. udah sharing ilmu dan pengalamannya... Btw bagus banget.....

    Jadi gini aku kan udah buat berapa rancangan kyk motivational letter, dll.... Tapi aku nggak yakin yg bener kyk gimana... Bisa nggak liat Cv, motivation letter, dll Mbak ??

    Kalo boleh kirim ke email ini turunkankebawa99@gmail.com


    Makasih banyak Mbak...
    Sukses selalu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  24. Haloo Mbak winda..... Makasih banyak yaa.. udah sharing ilmu dan pengalamannya... Btw bagus banget.....

    Jadi gini aku kan udah buat berapa rancangan kyk motivational letter, dll.... Tapi aku nggak yakin yg bener kyk gimana... Bisa nggak liat Cv, motivation letter, dll Mbak ??

    Kalo boleh kirim ke email ini turunkankebawah99@gmail.com


    Makasih banyak Mbak...
    Sukses selalu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  25. Hi kak! Tulisannya sangat bermanfaat dan sangat memotivasi aku bgt krn ternyata jurusan kita juga sama.. Kebetulan aku juga ingin apply magang dan sedang menulis motivation letter dan kebutuhan2 lainnya:) Sekiranya apakah boleh aku melihat motivation letter, cv, dll nya untuk referensiku membuat berkas2?

    Jika kaka berkenan bisa dikirim ke emailku yah kak : mahardhikadr@gmail.com

    Terima kasih banyak sebelumnya kak, stay safe & healthy :)

    BalasHapus
  26. Halo kak,, terimakasih banyak ya kak sudah mau memberikan pengalamannya magang di KAP 3 huruf itu,,, aku sempet pesimis mau magang di sana :)

    Aku juga ingin magang di sana kak,, apakah boleh saya lihat contoh CV dan motivation letter kakak untuk aku jadikan referensi. Jika Kaka berkenan boleh kirim ke email ini kak : niasafitri8@gmail.com

    Terimakasih banyak kak, sukses selalu!

    BalasHapus
  27. hallo kaak, makasih buat sharingnyaa. kaloo berkenan bole ga aku minta contoh LoM kaka? kalo boleh bisa di sent ke email cindyameliaa30@gmail.com terimakasih kaak

    BalasHapus
  28. Halo ka makasih untuk berbagi pengalamannya.. apakah boleh saya lihat contoh motivation letter kaka? Jika kaka berkenan boleh kirim email ke afritantiatiqah@gmail.com
    Terimakasih ka

    BalasHapus
  29. Hai kak, Thank you untuksharing pengalamannya, jika kakak berkenan apakah saya boleh lihat application dan letter of motivation kakak untuk referensi bagi saya hehe

    Jika berkenan, bisa dikirim ke email saya di alvisafitri05@gmail.com

    BalasHapus
  30. halo kak, terima kasih sudah sharing pengalaman magangnya yang sangat bermanfaat. Jika berkenan apakah saya boleh melihat Motivation Letter dan Application Letter nya? kebetulan saya final year student yang sedang mencari magang dan tertarik juga di company tsb. Untuk emailnya bisa dikirimkan ke freelunchany1@gmail.com
    Thanks for considering my request kaak, sukses selaluu

    BalasHapus
  31. haloo kak, makasih udah sharing pengalamannya, sekeren itu. saya juga mau coba internshipnya kak, saya boleh lihat contoh LoM dan application letter kakak kah? jika kakak berkenan boleh dikirim ke email ini yaa kak karin.aprillia04@gmail.com

    makasih banyakk kak sebelumnya, sehat selalu!

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. halo kak terimakasi untuk sharingnya, sangat membantu informasinya.
    Jika kaka berkenan apa boleh saya liat motivation letter kk sebagai referensi? jika iya, kaka bisa kirim ke boyyresnanda@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  35. Halo kak, terimakasih udh sharing pengalamannya. Kebetulan aku mahasiswa tingkat akhir dan berminat magang disana. Apakah aku boleh liat LoM untuk dijadikan referensi? Kalau kakak berkenan ini email aku jessicaviolita@gmail.com

    Terimakasih banyak kakk,have a nice day ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  36. haloo kaa, maaf menganggu jika kaka berkenan apakah saya juga bolee izin liat aplication dan motivation letternya juga? untuk referensi magang saya juga kaa. kalau bolee, bisa di kirim melalui email ridhya.zs14@gmail.com terima kasih kaa, mohon bantuannya :)

    BalasHapus
  37. Selamat siang kak, Saya ingin melamar sebagai intern di pwc. kalau boleh saya ingin melihat motivation letter dan application kakak sebagai panduan dan gambaran saya dalam menulis LoM. Jika kakak berkenan boleh dikirim keemail saya mikaelsimarmata119@gmail.com terimakasih kak

    BalasHapus
  38. Hi kak, terimakasih banyak atas pengalamannya. apakah saya boleh lihat motivation letter dan application letter punya kakak ga sebagai bahan referensi saya. Mohon bantuannya ya kak.

    jika berkenan bisa kirim ke email saya kak thirzafrigia@yahoo.com
    terimakasih kak.

    BalasHapus
  39. Halo kak, terima kasih atas sharing pengalamannya. Apakah saya juga boleh izin lihat application dan motivation letternya untuk referensi saya apply magang di PWC kak? Jika berkenan, tolong kirim ke email saya gracelynaglia9@gmail.com ya kak, terima kasih banyak kak :)

    BalasHapus
  40. Hallo kak terimakasih artikel nya cukup membantu. Barangkali boleh minta contoh LoM nya? Jika berkenan boleh kirim ke haikalfikry84@gmail.com. terimakasih kak

    BalasHapus
  41. Hi kak, terimakasih banyak atas pengalamannya. apakah saya boleh lihat motivation letter dan application letter punya kakak ga sebagai bahan referensi saya. Mohon bantuannya ya kak.

    jika berkenan bisa kirim ke email saya kak annemeutia3@gmail.com
    terimakasih kak.

    BalasHapus
  42. Hi kak, terima kasih atas informasi dan sharing experiencenya, kalau berkenan, apakah boleh kak saya lihat motivation letter dan application letternya kak sebagai bahan referensi saya, email saya meisymeimei191@gmail.com.
    terima kasih ya kak, sukses selalu

    BalasHapus
  43. Hallo kak, terima kasih sebelumnya atas sharing pengalamannya sangat bermanfaat kak, apakah saya boleh tau motivation letter, cv, dan application letter kakak kah kak? untuk saya jadikan referensi kak

    Jika berkenan, bisa dikirim ke email saya di farandini.tyas@gmail.com

    Terima kasih banyak kak dan salam kenal yaa kak, sukses terus kakk๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  44. halo kak, terima kasih atas informasi dan sharing pengalamannya di blog ini. bagi saya ini bermanfaat sekali. apakah boleh kak saya lihat motivation letter dan application letter nya untuk sekedar referensi saja? email saya salsabila3642@gmail.com
    terima kasih kak semoga sehat selau dan sukses selalu.

    BalasHapus
  45. Haii Kak! Salam Kenal,

    sebelumnya terima kasih ya sudah sharing pengalaman kakak intern di PWC. Saya sabil mahasiswa tingkat akhir yang sedang mencari tempat magang kak. Apakah saya boleh mengetahui LOM, CV dan Application Letter kakak sebagai referensi?

    Jika berkenan bisa dikirim ke email saya ya kak di @anisasalsabilahg01@gmail.com

    terima kasih ka, sukses terus yaaa!

    BalasHapus
  46. Halo ka!! salam kenal,
    Terima kasih kak sebelumnya sudah sharing pengalaman kakak intern dulu di KAP 3 huruf, saya juga tertarik bgt apply internnya, apakah saya boleh mengetahui letter of motivation, cv dan application letter kakak sebagai referensi?
    Jika kakak berkenan, bisa kirim lewat email saya kak di @alfianatriyas12@gmail.com

    Terima kasih banyak kak, semoga sehat selalu dan sukses terus ya kak✨

    BalasHapus