Minggu, 25 Februari 2018

Internship di PwC

           Kali ini gw mau share pengalaman ketika intern di KAP 3 Huruf, khususnya divisi EUM. Gw magang pada saat peak season, yaitu 4 Januari sampai 4 April 2018. 

Ketika pertama masuk, gw ditraining dulu selama 2 hari di The East Building dari pagi sampai sore. Abis itu hari senin langsung ngantor di Rasuna Said. Oiya kebetulan gw dpt klien masih di daerah Jaksel juga, sedangkan bbrp temen gw tuh dpt di luar kota bahkan luar pulau. So, mereka ada yg pulang ke Jakarta seminggu sekali atau bahkan stay di luar kota selama bbrp minggu / bulan.

Gw di assign ke tim yg anak magangnya cuma gw doang. Tugas gw minta data ke klien, follow-up data ke klien, vouching dokumen, summary berbagai agreement dan minute of meeting, bantuin ngisi atau ngerapiin working paper audit, dll. Sebenernya tugas anak magang tuh masih dikategorikan simple dan risk nya yg pasti rendah ya… Tapi ya itu, butuh excel skill yg mumpuni, kecepatan, ketepatan, hingga ketelitian yg ok. 

Jam kerja anak magang tuh kalau menurut kontrak jam 08.00 s.d. 17.00 dengan istirahat 1 jam (12.00-13.00). Oiya hari kerjanya juga senin sampai jumat aja. Tapi, tidak memungkiri kalau kita juga sering bgt diajak kerja lembur sampai malem, tengah malem, bahkan sampai bbrp temen gw sampai pagi. Kalau gw, Alhamdulillah pulang paling larut itu sekitar pukul 12 malem (tapi baru 2x deh kayanya). Selebihnya sih pulang jam 10an atau kalau udh gak ada kerjaan bgt gt biasanya maghrib udh disuruh pulang ^_^ Nah tapi tiap klien dan org tuh beda2. Temen2 gw di klien lain tuh jg ada yg diajak kerja sampai pagi (jam 5 pagi), tapi abis itu besoknya masuk kerja after lunch gitu. Ada juga yg sampai jam 2 atau 3 pagi dan besoknya masuk jam 10an. Terus juga ada yg sabtu minggu diajak masuk kantor utk lembur dari pagi jam 10an sampai malem, bahkan sampai jam 1 pagi. Alhamdulillah, gw sih blm pernah disuruh masuk kantor hari sabtu minggu, paling senin sampai jumatnya aja sih yg pulangnya agak larut. Tapi sih overall masih gpp dan happy ^_^

Pesan gw cuma 1, jaga kesehatan diri dgn cara makan-makanan yg sekiranya cukup sehat dan minum yg cukup. Kalau bisa minum vitamin, gw sih bawa madu (madu TJ premium yg katanya 99% madu wkwk). Minum susu atau teh manis juga utk menambah tenaga. Makan buah juga. Dan, usahakan tidur yg cukup saat weekend ^_^

Gw magang masih sekitar 5 minggu lagi. Doakan semoga tetap strong sampai akhir yaa ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar