Selasa, 21 Juli 2020

Kos-Kosan Dekat Deloitte

Mungkin beberapa dari kalian ada yang pengen kerja / internship di deloitte dan butuh info tentang kos-kosan. Nah, kebetulan aku kerja di deloitte dan ngekos di deket kantor juga. Jadi, kali ini aku mau sharing beberapa tempat kos dengan biaya yang affordable :)

Aku kuliah di UGM Jogja dan rumah ortuku di Kabupaten Tangerang. Kebetulan aku keterima kerja di delo jakarta kan, nah capek banget pasti kalau harus PP. Alhasil, pilih ngekos aja di deket kantor. Selain bisa hemat di waktu dan tenaga, ngekos deket kantor juga bisa hemat di biaya transport.

1. Kebon Kacang 35 No 12
Pas aku keterima di delo, aku nyari kosan cuma googling aja. Kebetulan ada orang yang pernah ngekos disana dan nulis di blog. Nah pas aku udh pulang dari Jogja, aku survey ke kosan tsb bareng temenku namanya Annis (makasih Annis hehe). Kosannya sederhana. Jadi disana ada 3 tipe kamar seinget, yang 1jt, 1,2jt, dan 1,4jt. Disana total ada 15 atau 16 kamar (lupa) dan semuanya kamar mandi luar (ada 3 KM).
Fasilitas:
- Kasur doang
- Lemari baju
- Meja kecil
- No laundry
- No wifi
- No dapur (ada sih bareng sama pemilik, jd hrs izin dulu)
- Include listrik
- Area menjemur baju
- Ada ruang tengah + kursi panjang untuk duduk ngobrol gitu

Fasilitas kamar di 3 harga tersebut sama aja, bedanya ada di luas kamar + AC / enggak. Untuk kamar 1jt itu luasnya sekitar 2,5 x 2,5 meter, untuk yang 1,2jt itu sekitar 3 x 3 meter, nah untuk yang 1,4jt itu luasnya 3 x 3 meter dan udh ada AC nya (kalau yang lainnya ga ada). Oiya, setiap seminggu sekali / 2 kali gitu ada mbak2 yng membersihkan koridor kosan + kamar mandinya. 

Well, yang punya kosan ini ibu2 sudah agak senja gitu, kami biasa memanggilnya nenek. Bayar kosannya juga cuma bisa tunai dan nanti dikasih kwitansi gitu. Oiya nenek juga gak main HP, adanya telp rumah.


2. Kebon Kacang 39 No 10
Nah kosan yg ini sebulan 1jt, tapi untuk bawa beberapa alat elektronik tambahan tuh dibatasin, misal nih bilang mau bawa rice cooker kecil jadinya nambah 50rb per bulannya.
Fasilitas:
- Kasur + dipan kayu
- Lemari baju yang menyatu dengan meja rias gitu
- Kaca di dinding
- Meja kecil
- Kipas angin nempel di plafon
- KM luar
- Laundry apa aja sehari 4 pcs (per June 2020 udh ga ada lagi laundry)
- Air panas dalam termos yang diganti tiap 2 hr sekali
- No wifi
- No dapur
- Include listrik
- Di depan kamar yang bagian atas ada ruangan terbuka luas gitu dan ada meja + kursi. Biasanya bisa untuk duduk2 ngobrol disitu.

Well, kosannya tuh dapat sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup banget. Apalagi depan kamar kosannya yang lt.2 tuh langsung tempat menjemur baju (panas tapi teduh gitu lho). Di lt.2 itu ada 6 kamar dan di lt.1 ada sekitar 3 tau 4 kamar (klo ga salah). Untuk kamar mandinya itu ada 1 KM besar (untuk mandi dan nyuci) + 1 KM kecil (yang ada closet nya). Oiya ini kosan khusus cewek yaa.


3. Kebon Kacang 37 No 15
Kebetulan ada temenku yg ngekos disini dan beberapa kali pernah main kesini. Nah ini kosannya juga khusus cewek yaa. Harganya itu 1,4jt per bulan.
Fasilitas:
- Kasur doang
- Lemari + meja + kaca yang udh menyatu
- AC
- KM dalam
- Wifi
- Include listrik
- Laundry
- Dapur umum

Nah kosan ini kan udh lengkap gitu ya fasilitasnya, harganya juga bagus bgt untuk ukuran Jakpus yaa. Alhasil, gak heran kalau kosan ini selalu penuh dan bahkan ada yg nulis di waiting list gitu. Oiya disini juga ada mbak-mbak yang rutin bersihin koridor kosannya. Untuk ukuran kamarnya, aku kurang paham, tapi pas lah untuk naruh barang2 yang ada + KM dalam + sedikit space kosong untuk sholat. Btw aku gatau kosan ini punya berapa kamar, tapi yg jelas ini kosannya terdiri dari 4 tingkat pakai tangga.


4. Kebon Kacang 38 No 1
Kebetulan aku punya temen lagi yg ngekos disini dan pernah masuk kamarnya sekali. Nah ini kosannya juga khusus cewek yaa. Harganya itu 1,4jt per bulan.
Fasilitas:
- Kasur + ranjang
- Lemari terbuka yang bersusun gitu (bukan lemari kayu)
- Meja kecil
- KM luar
- AC
- Wifi
- Listrik token (sendiri)
- No laundry
- No dapur

Kosannya ini juga khusus wanita dan ada mbak-mbak yang bersihin kosannya. Untuk ukuran kamarnya ya pas lah ya untuk taruh tempat tidur, lemari, meja, dan space kosong sedikit untuk sholat. 

Nah, sekian dulu beberapa list kosan dengan harga lumayan affordable (yang aku tau) di daerah kebon kacang (deket Plaza Indonesia). Aku gak mencantumkan no telp karena better kalian survey langsung ke tempat kosan tsb dan tanya2 langsung ke mbak penjaganya. Harga kosan yang aku cantumkan adalah real (sekitar tahun 2019 akhir s.d. 2020 pertengahan). Jadi kalau ada kenaikan harga, ya gak beda-beda jauh.

Semoga bermanfaat :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar