Minggu, 06 September 2020

Proses Rekrutmen Deloitte

     I know it's too late to share about my recruitment process working at Deloitte, but maybe some of you want to know it or maybe it's still relevant for fresh graduate ^_^

    Aku join di audit Deloitte mulai 12 Sept 2018. Awalnya iseng doang mencoba apply lewat campus recruitment (Deloitte ke UGM gitu). Nah, jadi kan Januari s.d. Maret 2018 aku lagi internship di PwC, nah bulan April 2018 ada campus recruitment dari Deloitte, yaudah iseng aja mencoba apply. Oiya, campus recruitment nya ini cuma 2 hari.

    Nah, awalnya itu kalau ga salah inget aku isi link pendaftaran sambil submit beberapa document yang dibutuhkan (tapi ini lupa-lupa inget sih, soalnya udh lama banget). Ini aku awal apply nya pas lagi intern di PwC ya. Nah setelah selesai intern (balik Jogja lagi), ternyata aku dpt info kalau lolos tahap awal. Jadi aku diundang untuk tes tulis. Nah, tes tulisnya itu honestly aku lupa apa aja, tapi yg jelas ada materi accounting, tax, audit, dan new regulation terkait acounting standard. Kayanya juga ada soal psikotest dan soal b.inggris juga deh. Ini aku tes dari pagi sampai siang.

    Nah, sorenya aku dpt email kalau aku lolos ke tahap interview besoknya. Aku dapat jadwal interview siang jam 1. Disana ada beberapa interviewer yang ditempatkan di dalam ruangan-ruangan kecil. Jadi 1 ruangan itu isinya 1 orang interviewer dan 1 yang diwawancara. Oiya pas interview itu kita harus bawa CV. Pas interview, aku dapat ibu-ibu gitu (lupa namanya siapa) dan Alhamdulillah kebanyakan pakai Bahasa Indonesia. Pas interview itu ditanya seputar apa yang ada di CV kita sih, misal pernah internship dimana, ikut organisasi apa, dll. Terus juga ditanya misal kita siap gak kalau harus kerja lembur-lembur, jarang pulang, dll deh. Tanggapan orang tua gimana kalau anaknya kerja sampai sebegitunya. Baru pas terakhir-terakhir gitu, ibunya minta aku ngomong pakai Bahasa Inggris tentang apapun itu. Baik banget ibunya sumpahhh.

    Di akhir sesi interview, ternyata ibunya tertarik sama aku. Langsung saat itu juga, aku dikasih selembar kertas kaya commitment letter gitu yang intunya nanti setelah lulus kuliah aku kerja di Deloitte. Terus yaudah aku ttd aja itu wkwk. Oiya pasti banyak yg nanya kenapa gak PwC, kan abis internship disana. Nah jadi untuk masuk ke PwC itu aku hrs melewati 1x interview user lagi, jadinya yaudah aku terima aja tawaran dari Deloitte karena mikir ya gak ada bedanya juga (sama-sama Big4 kan). Aku pilih mana yang duluan approach dan memberi kepastian gituu. Dan ternyata pilihanku tepat karena sampai aku lulus tuh PwC gak ada kabar lagi. Jadi bener kan aku terima tawarannya Deloitte hehe.

    Jadi per April 2018 aku udh dpt tempat kerja setelah lulus, padahal belom mulai ngerjain skripsi. Soalnya dulu dosen pembimbingku gak mau kalau aku internship sambil bimbingan skripsi, jadi beresin dulu itu internship nya. Yaudah deh, jadi aku ngebut banget ngerjain skripsinya itu (dalam waktu 3 bulan) biar bisa wisuda Agustus 2018 dan masuk kerja Sept 2018. Singkat ceirta, aku sidang kelulusan itu akhir July 2018 dan begitu dapat surat keterangan lulus, aku email HR nya Deloitte untuk memberikan kabar. Alhamdulillah ternyata Allah permudah jalanku. Dan sampai sekarang sih aku masih stay di Deloitte ya ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar