Jumat, 15 Januari 2021

Amenorrhea Sekunder Bisa Sembuh??? - Part 3. Coba Lagi

Ini adalah kelanjutan dari Part 2 sebelumnya (ada di arsip Nov 2020)...

Pertama

    7 Nov 2020 aku kontrol lagi setelah mgg lalu aku dikasih primolut N oleh dokter. Ketika masuk ruangan, seperti biasa aku ditanya apakah aku sudah haid atau belum. Aku bilang belum dok dan aku di USG 2D Abdomen lagi. Hasilnya tampak dinding rahim yang mulai menebal, pertanda sebentar lagi akan luruh (haid). Akhirnya minggu depannya (14 Nov 2020) aku diminta untuk kontrol lagi. Oiya, di 7 Nov ini juga aku dikasih vitamin oleh dokternya (buat 30 hr), diminum 1x sehari setelah makan. Sebenernya ini untuk antioksidan gitu sih, mungkin karena aku stay di Jakarta kali ya, jadinya dikasih antioksidan hehe.


    14 Nov 2020 aku kontrol lagi. Ditanya apakah sudah haid / belum, aku jawab sudah dok di tgl 8 s.d. 13 Nov 2020. Di USG lagi (as usual), lalu kata dokternya aku "dipancing" lagi untuk minum obat cyclo progynova 1 box lagi ya. Setelah itu harusnya sih gak dikasih obat cyclo lagi, soalnya dulu udh pernah minum 6 box kan. Dokternya juga berpesan untuk kurangi makanan yg berpengawet gitu. Nah aku diminta kontrol lagi 12 Dec 2020. 



    Oiya, aku sempat jg tanya ke dokter kenapa aku dari awal gak pernah dites hormon (yang diambil darahnya gitu). Soalnya baca di google kan cenderung harus tes hormon gitu kan. Lalu, dokternya menjelaskan bahwa sebenarnya itu gak harus, tergantung case tiap pasien. Nah untuk case ku, karena dari awal goals ku hanya untuk menstruasi teratur. Boleh aja tes hormon, utk mengetahui angka pasti kadar hormon androgen dan estrogen di tubuh kita. Tapi dokterku ini udh yakin kalau memang kadar hormon androgenku > estrogenku, terlebih memang kulit wajahku cenderung berminyak dan berjerawat, serta rambutku cenderung rontok. Tes hormon (pakai darah) biasa dilakukan ketika kita sudah menikah, sedang promil, ada gejala khusus (misal keluar ASI di waktu yang gak normal), dll. 

Kedua

    12 Dec 2020 aku kontrol lagi ke dokter kan. Seperti biasa, ditanya apakah sudah haid / belum, aku jawab sudah dok di tgl 9 Dec kemarin. Lalu aku di USG 2D Abdomen lagi. Alhamdulillah hasilnya gak kenapa2. Aku dikasih cyclo lagi karena katanya kita mulai lagi terapi hormon 3 bulan sekalian. Setelah itu baru dilepas dan dilihat gimana perkembangannya. 
    
    Oiya, aku sempat bertanya ke dokterku tentang kekurangan vitamin D yang mempengaruhi siklus menstruasi. Panjang deh pembahasannya, kalau mau baca2 sendiri bisa googling dgn keyword "Amenorrhea Vitamin D". Awalnya aku tau dari temenku, lalu browsing2 di google, dan confirm ke dokterku pas kontrol. Sebenernya bukan cuma kekurangan vitamin D, tapi kekurangan nutrisi juga bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Singkat cerita, aku minta vitamin D untuk diresepkan. Jadinya aku dikasih Cavit D3 ini. Apalagi sekarang musim hujan kan, hampir sepanjang hari tuh mendung / gerimis, jadinya mau berjemur tiap jam 10 pagi juga susah. 



Ketiga

    9 Jan 2021 aku kontrol lagi. Seperti biasa, ditanya apakah sudah haid / belum, aku jawab sudah dok di tgl 9 Jan hari ini (tadi pagi). Lalu aku di USG 2D Abdomen lagi. Alhamdulillah hasilnya gak kenapa2. Aku dikasih cyclo lagi untuk yang ke-3 (terakhir). Bulan depan sekitar tgl 11 Feb aku kan datang untuk kontrol lagi dan pastinya udah gak dikasih cyclo lagi. 


Rekap Biaya

    Well, aku mau share total biaya yang harus aku keluarkan tiap kali kontrol berapa. Tujuannya hanya untuk reminder bahwa sehat itu mahal + trigger untuk pola hidup sehat aja yang alami2 kan. Aku gatau sih apakah kaya begini dicover oleh BPJS / enggak. Soalnya yang aku tau, kalau promil gitu gak dicover BPJS kan. Nah aku gatau apakah obat2 kaya begini termasuk kategori promil atau enggak hehe. Dan biaya di tiap RS juga beda2 ya, tapi harusnya mirip sih. Ini aku di MRCC Siloam Semanggi yaa. Alhamdulillah banget aku selama ini berobat pakai asuransi kantor, jadi big thank's untuk kantor tercinta :) Sayang juga kan kalau gak dipake limit asuransi tiap tahunnya hehe.

(Tabel total biaya yang dikeluarkan tiap kontrol)


(Tabel perbandingan harga tiap obat / tindakan)


PENTING!!!

    Well, mungkin buat masih awam, ini tuh gak danger sebenernya. Soalnya cuma gangguan siklus menstruasi yang disebabkan oleh stress + pola hidup aja. Nah tapi, kan kalau siklus menstruasinya tuh agak berantakan, otomatis periode masa subur (untuk hamil apabila nanti udah nikah), itu agak gak jelas ya. That's why aku mulai sadar utk menormalkan kembali.
    Aku akui memang sejak dulu malas banget olahraga. Makan pun memang masih suka sembarangan (gorengan, mecin, pengawet, junk food, fast food, dll). Ibu pun di rumah tuh masaknya selalu pakai mecin, jadi udah biasa gurih mecin gitu. Belum lagi sejak zaman sekolah tuh aku bisa dibilang "gila belajar" gitu lho, sampai kuliah juga, dan sekarang kerja pun bisa dibilang stress juga kan hehe. 
    



Sekian sharing2 kali ini...
Nah next blog aku mau share beberapa ikhtiarku untuk pola hidup sehat wkwk. 
Masih belajar juga + berusaha agar konsisten. Kadang masih mager juga hehe
Doakan aku agar selalu sehat dan istiqomah yaa :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar