Minggu, 24 Januari 2021

My Life Journey - "The Old Me and Brand New Me"

Hallo...

Semoga semuanya baik2 saja dan dalam keadaan sehat dan bahagia :)

Well, aku mau sedikit cerita tapi mungkin ini agak gak penting untuk beberapa orang. Trigger awalnya itu karena tadi pagi aku abis telponan sama salah satu temenku yang udh lama gak berkomunikasi, dan kami telponan sekitar 1,5 jam. Lalu dari situ dia bilang kalau aku udh banyak berubah. Kami teman 1 organisasi waktu kuliah btw, dan dalam waktu sekitar 2 thn aja katanya aku udh berubah so much better. Aku akui itu sih hehe. Nah makannya aku mau sharing2 tentang "perubahanku" ini. Happy reading :)


The Old Me

    Sebagian besar teman2 yang tau aku, pasti merasa segan dan agak awkward gitu sama aku wkwk. Casingnya soalnya jutek, galak, pendiam, susah ditebak, dll. Aku memang cenderung kurang bisa langsung akrab ke banyak / sembarang orang, jadinya ya begitu sih haha. Intinya, aku akui memang social skill dan communication skill aku tuh dulu kurang banget. Circle pertemananku juga cenderung mainnya sama temen2 cewek doang. Makannya aku cenderung "kaku" begitu haha.

    Aku yang dulu itu selalu sampai rumah / kos sebelum maghrib. Intinya, kaya anti banget pulang malem. Plus aku tuh takut untuk pergi2 sendiri, apalagi jauh. Soalnya dari dulu tuh biasanya kemana2 selalu diantar jemput gitu sama ortu. Atau kalau zaman kuliah tuh ya gak pernah pergi2 jauh2 sendiri. Arah mata angin aja aku gak ngerti wkwk. 

    Aku yang dulu adalah wanita yang "terlalu mandiri". Bahkan saking mandirinya, aku sempat berpikir untuk mau sendiri aja tanpa pasangan, in case aku kesepian dan pengen anak, ya aku adopsi aja dari panti asuhan 1 atau 2 anak. Aku juga akan hire asisten rumah tangga / baby sitter untuk bantu2 aku. Aku mau fokus mengejar karir aja sampai sukses. Aku berpikir bahwa aku bisa menjalani hidup ini sendiri, mandiri, dan aku gak butuh sosok laki2 sebagai pasangan. 

    That's why, selama hampir 22 thn aku hidup, aku tuh kaya gak menunjukkan ketertarikan pada laki2 gitu / ngebet banget nyari pacar / pengen pacaran. Ya biasa aja gitu kalau liat laki2 dan cenderung kurang peka haha. Aku masih normal kok (gak LGBT gitu). Aku juga gak ada gangguan psikologis / trauma masa kecil gitu. Cuma ya memang pola pikirku saat itu "beda" aja. Aku terlalu disibukkan dengan urusan akademik (belajar + lomba). That's it. 


Brand New Me

Nah, tapi sejak aku lulus dan kerja di Jakarta, aku dipaksa "berubah" oleh keadaan. Beberapa perubahanku adalah: 

1. Aku mulai belajar untuk bisa basa-basi dan ramah ke orang, terutama ke klien2ku. Iya, kerjaanku tuh menuntut harus sering berkomunikasi ke klien (banyak orang, ganti2, dan usianya pasti cenderung lebih tua). Aku sadar banget sih, kalau kita bisa berkomunikasi dengan baik, klien pun juga dengan senang hati "melayani" kita, apa yang kita mau dan minta tuh pasti dikasih. Bahkan kadang klienku tuh ngajak bercanda, curhat, atau bahkan share lowongan pekerjaan haha.

2. Aku mulai belajar untuk sering senyum ke orang2 di sekitarku, bahkan kalau lagi duduk diem di kantor pun berusaha untuk pasang muka agak smiley gitu wkwk. Soalnya kalau diem doang / senyum dikit doang gitu seringkali dikira jutek + galak huhu. Honestly ini agak susah sih, soalnya memang udh cetakannya gini haha. Tapi untungnya sekarang kan selalu pake masker ya kalau keluar2 :)

3. Aku mulai belajar untuk supel dan membaur berteman dengan siapa aja. Kalau dulu circle pertemananku cenderung cewek semua, nah skrg aku belajar untuk bisa "akrab" dengan teman2ku yang laki2. Ya sesimple kaya ngajak ngobrol duluan tentang masalah kerjaan sampai masalah yang gak penting sih. Bodo amat deh dikata SKSD / "gatel" wkwk. Tapi aku masih tau batasannya kok dan kalau ada yg  "menjurus" gitu gak aku tanggapi wkwk. Apalagi entah kenapa aku tuh sering banget ditaruh di tim yang seniornya tuh laki2. Jadinya kan aku bisa banyak belajar ya dari dia haha. Oiya ini hanya sebatas ngobrol ya, kalau untuk sampai pegangan / sentuhan fisik gitu (misal tangan) tuh enggak. Mereka juga segan kali ngeliat penampilanku yang macam ukhti2 gini wkwk.

4. Aku mulai belajar baca peta / rute transportasi umum di jakarta wkwk. Mobilitas auditor tuh tinggi banget ya, gak jarang juga harus pulang pergi ke klien tuh sendirian. Belum lagi sering banget pulang malem / bahkan pagi. Nah, jadinya mau gak mau harus belajar bias baca peta dan tau rute transportasi umum di jakarta. Plus juga belajar untuk "tampil berani" di umum, soalnya kalau look kita kaya "cupu" dan "takut2" gitu, takutnya dimanfaatin sama org (di Jakarta pula kan). Jadi, sekarang aku udah berani kemana2 sendiri + udah paham baca peta2an guys haha.

5. Sejak 2019 aku tuh mulai membeli berbagai buku non akademik. Aku sering banget baca buku + nonton youtube + sharing2 sama temen2ku. Dari situ, pola pikirku mulai berubah, terutama tentang memiliki pasangan dan anak. Singkat cerita, aku mengambil kesimpulan bahwa manusia itu gak bisa hidup sendiri. Mau semandiri apapun wanita, pasti dia butuh sosok laki2 sebagai pasangan. Cepat atau lambat. 

6. Oiya, dari banyaknya membaca buku + nonton youtube itu, aku sadar bahwa perbendaharaan kataku semakin banyak dan baik. Ketika ada seseorang yang melontarkan pertanyaan tertentu, aku cenderung bisa menjawab dengan kalimat2 yang menurutku bijak. Emosiku saat menjawab pertanyaan2 sensitif juga cenderung stabil gitu (maksudnya gak menggebu2 / gimana gitu lho). 


Sudah sih, itu dulu mungkin yang mau aku share wkwk.

Nanti kalau lagi pengen update tentang my life journey, aku update lagi yaa :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar