Minggu, 31 Januari 2021

Makhorijul Huruf Hijaiyah

Assalamualaikum wr wb...

Kali ini aku mau nulis tentang sesuatu yang agak berbeda. Jadi October-November 2020 kemarin aku ikut kelas tahsin online gitu kan. Nah itu terdiri dari 4 level, kemarin itu aku level 1. Di level 1 ini cenderung lebih mempelajari makhorijul huruf + sifat huruf + konsistensi pelafalannya. Nah, aku mau share karena aku rasa penting dan sebagai self reminder aja kalau suatu saat butuh. Gak semua materi aku share di blog, cuma beberapa yang dianggap urgent hehe. Kalau misalnya ada kekurangan, mohon dimaafkan. Happy learning together :)


Makhroj = Tempat keluar (huruf)

Makhorijul huruf terbagi 5, yaitu:

1. Dari rongga mulut

2. Dari tenggorokan

3. Dari lidah

4. Dari bibir

5. Dari rongga hidung


Pembahasan:

1. Dari rongga mulut

    Caranya bacanya tuh anggap aja:

    Fathah = A --> Rongga mulut & rongga tenggorokan terbuka

    Kasrah = I --> Agak meringis dikit

    Dommah = U --> Agak monyong dikit / bibirnya membentuk bulatan kecil


2. Dari tenggorokan

    Tenggorokan ini terbagi 3 bagian, yaitu:

    - Pangkal tenggorokan (bawah) --> tidak ada udara yang keluar --> Alif dan Ha

    - Tengah tenggorokan --> Kha dan 'Ain

    - Ujung tenggorokan --> ketika melafalkan Kho harus ada "ngorok" atau "serak" dikit gitu --> Kho dan Ghain



3. Dari Lidah

    Nah sebenarnya cara menjelaskan pelafalan huruf di makhraj lidah ini agak susah dan tricky, soalnya hampir semua mirip gitu lho. Jadi aku nulis langsung based on catatanku yaa hehe. kalau misalnya bingung, nonton di youtube aja :)

- Huruf Qof dan Kaf = Pangkal lidah (dekat dengan langit2 mulut diatasnya)

- Dhod = Tepi lidah dekat dengan geraham atas

- Jim, Syin, Ya = Lidah bagian tengah dengan langit2 mulut lurus diatasnya

- Ro = Ujung lidah agak keluar

- Nun = Ujung lidah dengan gusi atas agak keluar sedikit

- Lam = Lidah bagian depan setelah makhraj "Dhod" dekat gusi bagian atas.

- Ta, Dal, To = Ujung lidah dekat dengan pangkal 2 buah gigi yang atas

- Tsa, Dza, Zho = Ujung lidah dekat dengan 2 buah gigi atas

- Sin, Zay, Shod = Ujung lidah dekat dengan rongga antara gigi atas dan gigi bawah, tapi lebih dekat dengan gigi bawah



4. Dari Bibir

    Nah kalau huruf yang di makhraj bibir ini lumayan gampang, jadi aku gak catat apa2.


5. Dari Rongga Hidung

    Nah kalau ini tuh aku nyatatnya ya semua huruf yang berdengung dan gunnah.



Nah, kali ini mungkin segitu dulu.

Next aku share lagi tentang topik lainnya.

Kurang lebihnya mohon dimaafkan :)

Wassalamualaikum wr wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar