Senin, 18 Januari 2021

Healthy Lifestyle

Hallo...

Apa kabar? Semoga hari-harimu selalu menyenangkan yaa...

    Kali ini aku mau share tentang beberapa ikhtiar yang dijalani sejak beberapa waktu belakangan untuk hidup lebih sehat. Aku masih terus belajar untuk bisa memiliki pola hidup sehat + konsisten (ini yg berat sih hehe). Well, happy reading :)

1. Rutin olahraga tiap pagi sebelum mandi. Awalnya aku olahraga 30 menit, lalu tambah jadi 45 menit, lalu tambah lagi 1 jam. Olahraga kurang lebih 5x seminggu. Aku olahraga di dalam kamar, ngikutin youtube aja, soalnya lagi zaman corona kan (plus juga aku ga ada sepeda di kosan wkwk). Ini worth it banget sih karena bisa bikin badan jadi keringetan banyak, meskipun pas mau mulai tuh mager banget wkwk. Oiya aku gak olahraga kalau lagi "period", krn rasanya tuh badan pegel2 + pengen tidur2an aja hehe.


2. Mencoba merutinkan puasa senin kamis. Menurut buku JSR dr.Zaidul Akbar, puasa adalah salah satu bentuk detoksifikasi alami yang baik untuk tubuh. Dapat pahala juga kan :) Well, aku semakin sadar kalau puasa tuh sebenernya punya banyak manfaat gara2 baca buku ini. Dapat awareness ttg pola hidup sehat juga dari sini sih. Terima kasih dok telah menulis buku ini, sangat bermanfaat :)



3. Rutin beli 2 botol rejuve seminggu sekali yang ukuran 435ml. Biasanya varian yang aku beli tuh:

    - Green glory (spinach, celery stick, pineapple, orange) = ini wajib beli tiap mgg krn enak rasanya

    - Asian Green (spinach, cucumber, pineapple, apple) = another option kalau green glory lagi kosong

    - U-Glow (carrot, orange, pineapple) = ini seger gitu, asam manis

    - Firey Beat (beet, cucumber, apple, pineapple, ginger) = after taste nya ada pedas hangat jahe gitu

    - Beat That (beet, cucumber, apple, pineapple) = ini enak kok

    Selain bisa menjadi detox drink bagi tubuh, lumayan sehat juga kan karena ini pressed juice yang alami gitu (dari buah segar dan sayuran organik). Tanpa tambahan air, gula, pewarna, dan pengawet. Memang agak pricey, tapi aku biasa belinya lewat gofood, jd suka ada disc 30% gitu hehe. Ini aku coba rutin beli rejuve karena bbrp wkt lalu aku liat di ig @nakedpressjuice tuh katanya minum pressed juice mereka secara rutin bisa melancarkan siklus haid kan. Itu jd detox drink gitu tiap minggu. Tapi karena mahal (menurutku) + dikosanku gak bisa ada kulkas, jadinya aku cari alternatif lain yg lebih affordable. 

Sebagai perbandingan aja:

    Misal aku beli paket detox nakedpressjuice sebulan IDR 320rb x 4 = IDR 1.280.000

    Aku beli 2 botol rejuve 435ml sebulan IDR 110rb x 4 = IDR 440rb


4. Rutin minum jamu jahe kunyit tiap 2 hr sekali. Karena aku mulai mager untuk belanja ke supermarket + meracik sendiri jamu2annya, jadinya aku beli langsung yang bubuk gitu. Ini udh ada gula semutnya. Aku tau ini dari temenku (yang jual temennya dia di Jogja), harga per pouch itu IDR 50rb, dan 1 pouch bisa 2 bulan kayanya. Cek ig nya aja @rempah.ind. Satu kali seduh itu 1 sendok tupperware jahe + 1 sendok tupperware kunyit + air panas 1 gelas (kira2 mungkin 350ml).


5. Rutin minum habbatussauda bentuk kapsul 1 aja sebelum tidur. Sebenernya kalau di kemasannya tuh ada rekomendasi minumnya, yaitu 3x sehari sebanyak 1-2 kapsul, cuma aku takut juga kan kalau kebanyakan hehe. Nah, biasa aku minum habbatussauda ketika aku lagi gak minum cyclo (obat dari dokter). Ya biar tetep ada yg diminum aja tiap malem wkwk.

    Well, aku tau ada benda namanya habbatussauda itu udh lama, cuma bbrp wkt lalu ada temenku yang cerita katanya dia minum itu 1x sebelum tidur dan jd "lancar" gitu. Pas aku cek di google, Masya Allah ternyata khasiatnya (asal tidak berlebihan yaa). Nah karena aku bingung hrs beli dimana yg trusted, jadinya aku coba beli di JSR store nya dr.Zaidul Akbar harganya 100 kapsul IDR 45rb. ini ada web online nya gitu, cek ig nya aja. 

"Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian" (HR Bukhori dan Muslim) 


6. Gak makan sembarangan, misalnya:

   - Makannya nasi merah dikit aja, udah jarang banget banget makan mie / bakso / fastfood. Kalau makan nasi putih, ya dikit aja gitu. 

  - Lebih sering gofood urap dan pecel. 

  - Goreng2an juga dikurangi banget banget, bahkan sekarang makan telur aja tuh prefer direbus. 

  - Kalau beli bakso / soto, selalu request untuk gak pake mecin dan garamnya dikit aja. 

  - Udah jarang banget makan mie instan, paling sebulan sekali.

  - Udah gak pernah beli makanan yang pake bumbu bubuk / mecin2 gitu.

  - Misal beli bubur ayam, belinya bubur ayam tanpa vetsin. Ada di depan ujung jalan kosan tuh, kalau bubur yang tiap pagi lewat depan kos itu dia mecin banget wkwk.

   - Udah jarang banget makan makanan olahan tepung2an, misalnya siomay / pempek / cilok / dll.

  - Misal lagi pengen banget beli nasi goreng / kwetiaw goreng / bakmie goreng, aku selalu request minyaknya dikit aja.

   - Misal lagi pengen banget beli minuman hits (macam streetboba / chatime / sejenisnya), aku selalu request less sugar.

    - Oiya aku juga udah gak minum kopi sekarang. Entah kenapa perutku kaya ga enak gitu kalau abis minum kopi. Teh pun enggak hehe. Soalnya udh kebiasaan minum air putih aja & minuman rempah rimpang gitu. Jadi ya kaya udah gak pengen aja gitu. 

   - dll (picky banget deh sekarang soal makanan, kebanyakan mikir dulu sebelum makan hehe).


7. Sering makan buah, terutama pisang, melon, pepaya, atau semangka. Soalnya itu mudah dicari dan murah juga buat anak kos wkwk. Biasa beli di indomaret deket kosan (ada buah potong gitu kan).


8. Tidur cukup, jd aku biasa tidur sebelum jam 10 dan bangun tuh biasanya jam 3 atau 4 gitu. Oiya, udara pagi sekitar jam 3 atau 4 gitu enak lho, segernya beda :)


9. Kurangi stress. Biasanya aku melakukan hobby / everything that makes me happy lah intinya, gak kebanyakan kerja gitu haha. Ya misalnya ikutan berbagai kelas online yang gak menuntut banyak mikir / ngobrol2 sama temen / baca buku / bikin handcraft gitu.


10. Minum vitamin C. Aku tuh jarang banget minum suplemen vitamin C, tapi sejak dikasih redoxon sama kantor lalu udah abis, aku mencoba untuk beli Blackmores vit C 500mg. Aku beli di official shop nya di shopee harganya sekitar IDR 131rb isi 60 butir. 

11. Mencoba untuk rutin minum susu wkwk. Sebenernya aku tipe org yang jarang banget minum susu, soalnya gak suka rasanya yang "eneg" gitu + bikin cepet gemuk juga. Tapi akhirnya aku mulai untuk minum susu, at least seminggu 2 atau 3x. Dannn aku menemukan rasa susu yang cocok denganku wkwk. Harganya jg murah, sekitar IDR 7rb'an di indomaret deket kosan. You have to try it guys :)



12.  Mungkin aku akan meneruskan minum vitamin D nantinya. Kalau sekarang itu masih ada vitamin D dari dokter kan, jadinya aku terusin aja minum. Next kalau udah abis, sepertinya aku akan cari sendiri suplemen vitamin D. Oiya, blackmores ini product Australia yaa dan udh ada no BPOM jg. Aku liat Blackmores ada vitamin D yang ini sih. Di official shop nya di shopee harganya IDR 157rb isi 60 butir.




13.  Mencoba untuk rutin minum 1 sdm madu tiap pagi. Oiya, aku tuh udah gak stock gula pasir sama sekali di kosan, Sebagai gantinya, aku pake madu ini kalau mau bikin suatu minuman. Well, untuk rutin minum 1 sdm madu tiap pagi itu katanya bagus kan, apalagi pas perut kosong bangun tidur, cuma aku masi mager hehe. Ini aku beli di Foodhall Plaza Indonesia, kalau ga salah harganya sekitar IDR 70- 80rb'an. 



14. Waktu aku beli habbatussauda, aku sekalian coba beli ini. Ini udah berbentuk bubuk gitu dan siap seduh, tinggal dikasih madu aja. Well sebenernya aku punya beberapa rempah rimpangnya, cuma mager untuk prepare sendiri hehe. Let's try kapan2 hehe. Oiya ini harganya IDR IDR 45rb untuk 100gr.




Notes: 
Aku gak minum / konsumsi semuanya sekaligus dalam satu waktu ya. Yaa selang-seling gitu, mana yang lagi pengen aku konsumsi wkwk. 

Nah, yaudah deh. Sekian.

Semoga yang membaca ini senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT :)

Aamiin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar